Fakultas pada suatu Universitas wajib memiliki sebuah wadah untuk kegiatan mahasiswa, maka pada tahun 1996 Senat Mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain didirikan di Universitas Tarumanagara. Tujuan utama dari Senat tersebut adalah memberikan pembelajaran yang baik dan benar dalam berorganisasi, dengan sikap berani untuk mengambil keputusan yang dipadukan dengan kecerdasan dan kreativitas.

Seiring berjalannya waktu, Senat Mahasiswa FSRD UNTAR berganti nama menjadi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FSRD UNTAR yang memiliki maksud dan tujuan yang sama.

Saat ini kami terdiri dari 5 divisi, yaitu ArtMAX, Bakat Minat, Hubungan Mahasiswa, Penalaran, dan Sosial Masyarakat. Kami memiliki Badan Pengurus Harian Inti (BPHI) yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, dan Bendahara. Kami mengadakan 11 Program Kerja setiap periode kepengurusan, yaitu: Penerimaan Mahasiswa Baru, Creative Day, Anggota Muda, Latihan Kepemimpinan Internal, Homecoming, Bakti Sosial, Pelatihan Dasar Kepemimpinan, Design Gathering, RupaReka, Launching ArtMAX. Serta 2 Program Kerja dua tahun sekali, yaitu Kriyasana Mahasiswa Desain Grafis Indonesia (KMDGI) dan Temu Karya Mahasiswa Desain Interior Indonesia (TKMDII).